[Kabar Linggau] – Kenapa bangsa Indonesia menyebut negara Netherlands menjadi sebutan Belanda?

Jika ditarik mundur sejarah, bahwa negara Indonesia pernah dijajah cukup lama oleh bangsa Netherlands yang lazim kita sebut Belanda.

Netherlands memiliki arti “Tanah Yang Rendah”, dari kata Nether/Neder yang artinya “Rendah” sedangkan Land/Landsch yang artinya “Tanah”.

Dikarenakan sebagian daerahnya memiliki kontur tanah yang rendah dibandingkan permukaan laut.

Baca juga : All Eyes On Rafah

Di Netherlands ada provinsi yang bernama Holland. Amsterdam sebagai ibukota dari negara Netherlands bertempat di provinsi tersebut.

Begitu terkenalnya Holland, sehingga negara-negara Eropa lain lebih mengenal Holland dibandingkan Netherlands.

Setiap bangsa atau negara memiliki pelafasan/pengucapan yang berbeda-beda. Seperti halnya bangsa Portugis mengucapkan Holland dengan Hollanda.

Bangsa Portugis mengenal orang Netherlands dengan nama orang-orang Hollanda. Dahulu kala bangsa Indonesia merupakan bangsa yang pernah dijajah oleh bangsa Portugis.

Namun kata Hollanda yang sering diucapkan oleh bangsa Portugis, akhirnya diserap oleh bangsa Indonesia dengan beragam dialek bahasa dan budaya menjadi ucapan yang berbeda.

Dialek suku Sunda mengucapkan Hollanda menjadi Walanda, suku Jawa mengucapkannya Londo, sedangkan suku Melayu khusunya suku Betawi melafaskannya dengan menjadi kata Belanda.

Hingga saat ini penyebutan kata Belanda menjadi kata yang baku dalam tata bahasa Indonesia. (w4-1)

sumber : @ResiReborn

Share.
Leave A Reply

Exit mobile version