[Kabar Linggau] – Seiring berkembangnya pengetahuan dalam penelitian, bunga telang digunakan pula sebagai pewarna makanan alami dan dikonsumsi dalam bentuk teh untuk menunjang kesehatan tubuh.

Dikonsumsi dengan diseduh sebagai teh, bunga telang memiliki manfaat apa saja?

Ternyata, bunga telang dapat membantu meredakan rambut rontok, gejala alergi, diare, hipertensi, dan mencegah pertumbuhan sel kanker dengan cara pembuatannya.

Kandungan antioksidan yang terdapat di Bunga Telang dapat melindungi rambut dari kerusakan, termasuk mengatasi rontok.

Kandungan flavonoid yang ada di bunga telang diketahui dapat mendukung pertumbuhan rambut, menutrisi folikel sehingga akar dan helai rambut lebih kuat serta tidak mudah patah dan mencegah uban.

Apabila Anda mengalami masalah kulit pun seperti jerawat juga bisa diatasi dengan mengonsumsi air rebusan bunga telang. Bunga telang memiliki sifat antiinflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan pada kulit, termasuk jerawat.

Dikala seorang sedang mengalami gejala alergi, dengan mengkonsumsi rebusan teh bunga telang dapat diredakan gejala alergi tersebut dengan secara alami. Bunga ini dapat mengurangi produksi histamin atau zat yang dihasilkan oleh sel darah putih di dalam tubuh ketika terjadi reaksi alergi atau infeksi.

Selain alergi, sesorang yang sedang mengalai diare juga dapat disembuhkan dengan bunga telang. Zat antiradang dan antibakteri pada bunga telang dapat membantu meredakan gejala diare sekaligus melancarkan kerja sistem pencernaan.

Luar biasanya lagi bahwa hipertensi akibat tingginya tekanan darah dengan mengekstrak bunga telang dapat menurunkan tekanan darah. Proses kerja bunga telang yang dikonsumsi dengan cara membantu melebarkan pembuluh darah agar aliran darah menjadi lancer, sehingga jantng pun ikut sehat.

Penyakit Diabetes yang terkadang manusia tanpa sadar mengidapnya, dengan kandungan Antosianin yang terdapat pada daun telang dapat membantu mengatur kadar gula darah sehingga dapat meredakan penyakit diabetes.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antiokasidan dalam ekstrak bunga telang juga bisa menghambat enzim yang mencerna karbohidrat, seperti alfa-glukosidase ususm alfa-amilase pankreas, dan sukrase usus. Dengan menghambat enzim tersebut, maka penyerapan karbohidrat dan gula akan terhambat sehingga dapat mencegah kenaikan gula darah.

Bunga telang juga dapat membantu menyembuhkan masalah pernapasan, seperti asma dan bronkiti. Ini karena bunga telang memiliki sifat ekspektoran yang dapat meredakan iritasi pada saluran pernapasan.

Baca juga : Sentul yang menyimpan pesona

Dengan lebih sering mengkonsumsi ekstrak bunga telang dapat meningkatkan zat kimia pada otak yang disebut asetilikolin. Asetilkolin sangat penting untuk menunjang kesehatan otak, termasuk sekaligus mengatasi masalah seperti kehilangan ingatan.

Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat bunga telang pada kesehatan otak. Mengatasi kecemasan dan stres Kecemasan dan stres termasuk masalah kesehatan mental yang dapat mengurangi produktivitas dan aktivitas harian Anda.

Menariknya, teh daun telang dapat dijadikan minuman penenang untuk meredakan kecemasan dan stres. Namun, jika stres dan kecemasan tak kunjung reda, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan perawatan yang sesuai.

Manfaat bunga telang juga bisa untuk mencegah pertumbuhan atau penyebaran sel kanker karena memiliki kandungan flavonoid. Namun, pengidap kanker tetap memerlukan pengobatan medis untuk meringankan gejala dan menyembuhkan kondisinya.

Meskipun ada penelitian yang menunjukkan bahwa bunga telang bisa menyembuhkan penyakit tertentu, masih dibuktikan studi lebih lanjut untuk memastikannya. Selain itu, penyakit serius seperti diabetes, hipertensi, dan kanker juga memerlukan perawatan medis sesuai kondisi pasien. (w4-1)

Share.

2 Comments

  1. Pingback: Loker....Pendaftaran CPNS akan dibuka - Kabar Linggau

  2. Pingback: Ini syarat daftar CPNS - Kabar Linggau

Leave A Reply

Exit mobile version